01/02/2010 14:45

Cara Bikin Blinkie Animasi

Saya cuma kasih pencerahan buat yang belum tau...

Pertama-tama, buka Adobe Photoshop. Kalo proses udah selesai, klik File<New, dan isi seperti di bawah ini. Sebenernya sih, terserah mau segimana ukurannya, tapi biasanya orang ukurannya segitu buat ngirit ruangan sitenya, dan para theme makers segitu ukuranna(tips dari Dyana, makaci...). Masalah nama, isi ikut kesukaan .

Kalo sudah, akan keluar windows kecil seperti tampilan di bawah ini.

Perhatikan!!!

Nah lo, mau ngapain lagi sekarang? Sekarang, kita cari gambar buat background blinkienya. Klik File<Open. Nah, kamu tinggal pilih gambar yang udah kesimpen di kompimu yang mau dijadikan background. Disini, aku pake background si polkadot kuning itu.

GYAAA!!!!

Nah, karena ukuran image yang mau kita pake buat backgroundnya jauh lebih besar, kita harus samakan dulu. Caranya, klik Image<Image Size (si polkadot kuning itu harus aktif/windownya masih kebuka). Buat ukurannya sama seperti si putih. Cukup ubah bagian WIDTH-nya. Nanti ukurannya bakalan lebih kecil dari pada yang putih.

@adebunga

Nah, kita sampai ke tahap penyatuan 2 buah background. Sementara window polkadot kuning masih kebuka, klik Select<All. Jadinya si polkadot itu terseleksi dehh.... Kalo polkadot itu udah diseleksi, klik MOVE TOOL, atau langsung aja klik V di keyboard masing-masing. Geser polkadot ke rumahnya si putih.

f

Nah, kalo udah pindahin begronnya ke rumah si putih, sekarang kita cari gambar buat kitnya. Ukuran gambar kit itu harus lebih kecil dari begronnya. Kalo lebih bede, kecilin dulu. Di tutorial ini, aku pake gambar jeruk =krennzzz.

Nah, karena latar belakang si jeruk itu gak sama dengan polkadot, kita harus bikin dia terlihat seperti transparant. Caranya pake lasso(ato langsung pencet L di keyboard masing-masing). Buat lingkaran di tepian gambar jeruk(kalau bentuk kitmu bukan jeruk, bunga misalnya, bentuk lassonya jangan lingkaran kalo bisa. Ikutin aja bentuk gambar kitmu dengan hati-hati). Seharusnya sih pake Magic Wand, tapi karena yang buat nih tutorial gak tau caranya, jadi pake lasso aja. Kayak gambar di bawah....

dfggdf

Abis itu, geser JERUKNYA(bukan begron putihnya) pake move tool, atau langsung pencet V di keyboard masing2 ke tempat polkadot kuning. Mau tao di tengah, kanan, ato kiri, terserah.... Seperti inilah, kenampakan sang jeruk.

Sekarang, kita taro teks di calon banner itu. Klik Type Tool (bisa langsung teken T di keyboard), trus klik di bagian mana kamu mau pasang teksna. Pas banget di jeruk, misalnya. Atau, di samping jeruk. Buat ngeganti fontnya, perhatiin image di bawah ini.

Nah, di tutorial ini, teksku Eka. Kayak itu tuh, yang dibawah...

Sebelum kita mulai tahap animasi, kita buat dulu para layers invisible, kecuali layer background putih. Letak mereka di kotak layer di kanan bawah. Kayak itu tuh. Cara invisible-in mereka, klik di ikon mata sampe matanya ilang.

  menjadi

Kalo udah dibuat invisible(kecuali background) klik tombol Jump to Image Ready (teken Ctrl+Shift+M) bersimbol .

Akhirnya, sampe ke tahap animasi. Kita kebuka di jendela baru "Adobe Image Ready".

Yang tampak di atas adalah kertas kosong halaman pertama. Kosong melompong belom ada apa-apanya. Dihalaman pertama ini, klik ikon mata yang ada di samping tulisan "Layer 1" di Layer Pallates. Kira-kira seperti yang ada di gambar:

Nah nanti di kotak animasi(bawah) akan jadi seperti ini:

Sekarang buka kertas kosong baru lagi. Caranya teken  dan klik ikon mata yang ada di samping tulisan "Layer 2" di Layer Pallates. Kira-kira seperti yang ada di gambar:

Nah, nanti bakalan ada gambar polkadot sama jeruk.

Buat kertas kosong baru dan klik ikon mata textmu(paling atas). Nah, nanti bakalan ada gambar polkadot, jeruk, dan text Eka yang jadi satu.

Sekarang, klik tombol PLAY buat mainin animasimu. Simbolnya =.

Dalam kondisi ini, bannermu tadi itu masih terlalu cepat jalannya. Untuk ngatur kecepatannya, liat gambar ya... Tapi, disini aku pake 1.0 (1 sec). Tapi, sebelum atur kecepatan, klik tombol pausenya dulu ().

Kalo udah diatur, pasti perlu dicoba-coba dulu khan? Klik tombol PLAY buat muter ulang, klik PAUSE buat berentiin. Kalo kecepatannya kurang pas, diatur lagi, sampe pas.

 

Nah, ini nih kenamppakan punyaku:

Segitu aja, sebenernya simple kalo kamu udah lancar, nanti kamu bisa buat variasi lainnya, misalnya backgroundnya yang ganti2, kitnya yang ganti2, atau semuanya.

Oh iya, supaya bisa di-publish, pasti musti di save dulu kan! Caranya, klik File<Save Optimized.

 

++kalo masih bingung, tanya aja. sumber kubelajar++

—————

Back


Topic: Cara Bikin Blinkie Animasi

Date: 17/06/2011

By: Nida

Subject: Tanya

Kak, di komputerku photoshop CS 3. Kalau tekan Ctrl+Shift+M Image Ready-nya tidak keluar?

Reply

—————

Date: 07/09/2010

By: boechil

Subject: penting

kk gimana cara pasang kotak coment di webnode mohon pencerahannya (boechil.webnode.com)

Reply

—————





Contact

Ade Bunga Putri

Jakarta, Indonesia.
http://adebunga.multiply.com
http://ciputimut.blogspot.com