31/01/2010 21:25

Bertemu Penulis KKPK

 

Ini adalah ketika aku mengikuti acara JKPCI (Jelang Konferensi Penulis Cilik Indonesia) II, yang diadakan Mizan pada tanggal 8 November 2009 di JCC pukul 10.00 – 13.00 WIB. Acara ini dimeriahkan oleh Lazuardi Choir feat. Rizky Nur Fajri (penulis KKPK), penyanyi cilik Ashilla.

Di JKPCI ini, kami diberikan pencerahan-pencerahan bagaimana cara menulis dan menerbitkan buku. Kata salah satu kakak redaksi Mizan, “Sekarang naskah yang datang ke Penerbit Mizan setiap bulannya banyak sekali—jadi tidak bisa semuanya diterima. Untuk anak yang ditolak naskahnya, jangan berkecil hati, coba kirim lagi. Karena ada banyak penulis yang setelah mengirim 3-4 naskah baru diterima. Untuk mengirim cerita, kirimnya dalam bentuk jili dan rapi agar mudah saat dibaca oleh editornya.”

Di acara ini, hadir juga Kak Shahnaz Haque, mewakili public figure yang peduli akan pendidikan dan bacaan anak-anak. Kak Shahnaz menyampaikan pidato pembukaan yang sangat menarik, lho. Kak Shahnaz menyampaikan bahwa siapa pun bisa menjadi penulis, asal tahu bagaimana cara memunculkan idenya sesuai tipe individu, ada yang bertipe visual, gerak, atau bahasa. Yang lebih penting adalah menambah kekayaan batin dengan cara bergaul dengan berbagai karakter dan latar belakang. Kekayaan batin dapat memperkuat isi tulisan.”

Salah satu bagian yang paling menarik di acara ini ialah pemberian KPCI Awards yang diberikan oleh Kak Shahnaz. Award ini diberikan kepada tiga penulis KKPK yaitu Alya Nabila (penulis buku KKPK terlaris 2009, buku pertamanya Senyum Monalisa terjual sebanyak 11.000 eksemplar), Ayunda Nisa Chaira (penulis KKPK terproduktif 2009—menulis 4 buku di tahun 2009), dan Dewantara Soepardi (penulis KKPK termuda yaitu 6 tahun). Namun, Dewa tidak bisa hadir di acara ini karena sedang menjalani perawatan di Hongkong, sehingga diwakili oleh Kak Ramadhan.

Ada pula peluncuran seri baru Pink Berry, yaitu seri untuk menampung karya penulis KKPK yang sudah berusia diatas 12 tahun. Ada 4 judul seri Pink Berry yang siap diluncurkan pada Desember 2009, yaitu Safe Secret Deposit Box (Sri Izzati), Girls (Dienda Sarteka), Best Friend (Sekar), dan Sir Junior (Donna Nadira).

Acara lain adalah peluncuran logo baru KKPK. Logo baru KKPK adalah seperti ini.
Selain itu, ada peluncuran Bulletin KKPK. Cerpen yang dikirim ke penerbit Mizan dan dianggap terlalu pendek akan dikumpulkan di Bulletin KKPK.

Menurutku, bagian yang paling menarik adalah Book Signing. Kita bisa meminta tanda tangan langsung dari penulis-penulis KKPK. Di acara ini, aku bertemu penulis-penulis KKPK seperti Yunda, Qonita, Salma, Alya, Kak Prita, Mayra, dan yang lainnya.

Aku mempunyai mengalaman menarik di acara ini. Aku duduk di antara dua penulis, Amira dan Mayra! Senang sekali rasanya. Lalu, saat acara sudah hampir selesai, aku diajang mengobrol oleh Mayra.

Yang aku kurang suka dari acara ini adalah penulis KKPK-nya hanya tampil-tampil saja. Maksudku, mereka tidak ditanya-tanya tentang pengalamannya menerbitkan buku, atau sebagainya. Tetapi, kita tetap bisa mendengarnya di KKPK On Air yaitu di 103.4 FM.
 

**************************************

Nah, untuk teman-teman yang ingin hadir di JKPCI tahun ini, masih ada lagi, syarat-syaratnya adalah:

* Siswa/siswi yang duduk di bangku kelas 3 s.d. 6 SD.
* Siswa/siswi yang sudah pernah memiliki karya yang dipublikasikan baik berupa cerpen, puisi, esai, ilustrasi atau gambar yang dimuat di media cetak nasional, daerah atau media cetak di lingkungan terbatas dan bukan karya yang dimuat di majalah dinding sekolah.
* Jika siswa/siswi belum memiliki karya yang pernah dipublikasikan, calon peserta harus memiliki naskah cerpen atau novel minimal 50 halaman dengan ukuran A4.
* Hasil karya diserahkan pada saat registrasi dalam bentuk print out.
* Siswa/siswi tersebut direkomendasikan sebagai utusan sekolah di mana siswa/siswi tersebut sekolah.
* Jika siswa/siswi tersebut tidak direkomendasikan oleh sekolah, namun ingin mengikuti Konferensi Penulis Cilik Indonesia II, maka calon peserta tersebut wajib memenuhi persyaratan 1-3.

Nah, untuk teman-teman... ayo kita berkarya melalui tulisan dan jadi salah satu dari bagian Penulis KKPK!

—————

Back


Topic: Bertemu Penulis KKPK

Date: 23/11/2014

By: PENULIS KKPK

Subject: 99

OKE KITA KETEMUAN DI MKG

Reply

—————

Date: 23/11/2014

By: DAR MIZAN

Subject: CINAMBO

TOLONG KALIAN SEBUTKAN KKPK YANG KALIAN PUNYA

Reply

—————

Date: 23/11/2014

By: MUTHIA FADILA KHAIRUNNISA

Subject: SINTA HANDINI

OH IYA NANTI SAMA IBUKU JUGA . AKU AJARIN KOK . JUGA AKU BELIIN KKPK KARYAKU.

Reply

—————

Date: 23/11/2014

By: AFIFAH

Subject: 99

KAK GIMANA SIH CARA BUAT KKPK ?
KITA KETEMUAN YUK DI MALL MKG ?
YANG LAINNYA JUGA YA SOALNYA AKU UDAH JANJI SAMA KAK MUTHIA FADILA KHAIRUNISSA KITA JUGA BELI BUKU KKPK BARENG ? KALAU ENGGAK KESANA SAYANG KITA SELFIE JUGA

Reply

—————

Date: 23/11/2014

By: ALIVIA

Subject: SD ISLAM AT TAQWA RAWAMANGUN

EH KAMU NAMANYA SIAPA

Reply

—————

Date: 23/11/2014

By: ADEBUNGA

Subject: ENGGAK BOLEH

KALIAN ENGGAK BOLEH KIRIM TOPIC BERTEMU PENULIS KKPK LAGI .

Reply

—————

Date: 23/11/2014

By: CLAUDIA

Subject: INGIN TAHU

KAK PENGIN TAHU ALAMAT DAR MIZAN DIMANA YACH

Reply

—————

Date: 27/11/2011

By: audriannisa darmadi

Subject: ingin tahu yg bernama kak lulu

Maaf yach ini hp.papa jadi aku pengen jadi penulis cilik dan aku juga cari yg namanya kak lulu tlng smoga aku bisa jadi penulis cilik kaya kak lulu

Reply

—————

Date: 23/11/2014

By: ALIVIA

Subject: Re: ingin tahu yg bernama kak lulu

KAK GIMANA SIH CARA MEMBUAT KKPK

Reply

—————

Date: 18/06/2011

By: michelle

Subject: ingin banget jadi penulis kkpk

salam kenal,best seller kkpk,apa bisa lebih banyak diberitahukan agar menjadi penulis kkpk?terima kasih

Reply

—————





Contact

Ade Bunga Putri

Jakarta, Indonesia.
http://adebunga.multiply.com
http://ciputimut.blogspot.com